Selamat Datang di SMK Minhajut Thalibin (YAMIN) Sekolah Berkarakter Pondok Pesantren Pungangan Subang Bidang Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

Jumat, 21 Agustus 2015

Jenis Jenis Perangkat Keras Internet

Perangkat Keras Internet & Jenis-Jenis Perangkat Untuk Mengakses Internet


Perangkat Keras Internet  adalah perangkat yang berbentuk fisik untuk mengakses internet. Setelah Anda memiliki komputer tidak perlu banyak perangkat keras tambahan untuk mengakse Internet. Sebelum kita mengulas perangkat keras untuk mengakses internet kita simak sebuah deskripsi yang menggambarkan perkembangan pengguna komputer di indonesia yang berpengruh terhadap penggunaan Perangkat Keras jaringan komputer.
Pada tahun 2014 ini, jumlah pengguna internet atau internet user di Indonesia diperkirakan mencapai 107 juta users dan diproyeksikan pada tahun 2015 akan mencpai139 Juta Pengguna (Data statistic: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APPJI)
Sebagian besar komputer dan Smarthphone dikonfigurasi untuk memungkinkan Akses Internet. Bagian utama dari perangkat keras yang di butuhkan adalah modem. Jenis akses internet yang dipilih akan menentukan jenis modem yang dibutuhkan.

Jenis-Jenis Perangkat Keras Internet

Perangkat keras untuk mengakses internet
Teknologi perangkat keras internet sudah sangat berkembang, masih teringat dibenak kita saat menggunakan telkomnet instant yang hanya memiliki kecepatan maksimal 56 kbps menggunakan modem telepon untuk akses dial-up  atau diistilahkan modem analog untuk mengakses internet, Sejak berpindahnya teknologi modem analog ke modem broadband mengubah wajah Jaringan Komputer, dari kecepatan yang sangat lemot di speedup dengan kehadiran teknologi DSL. layanan DSL menggunakan modem DSL menggunakan modem untuk mengakses internet, dan layanan satelit menggunakan adaptor satelit, Jenis modem dengan menggunakan adaptor satelit adalah: Teknologi modem GPRS,GSM, Modem CDMA, Modem HSDPA, UMTS,Wimax 4G

Jenis-Jenis Perangkat Keras Internet Dan Fungsinya

Dari deskripsi diatas, tentunya para pengguna internet membutuhkan jenis-jenis perangkat keras untuk mengakses internet. Untuk memenuhi permintaan untuk koneksi ke Internet membutuhkan hardware tertentu, termasuk modem, Kartu jaringan. dan Perangakat Penyedia Layanan atau ISP jenis-jenis perangkat keras untuk mengakses internet  yang umum digunakan adalah:
  1.  MODEM TELEPON

perangkat keras internet dan perangkat untuk mengakses internet
Modem telepon adalah alat yang mengubah sinyal dari komputer Anda menjadi serangkaian suara dan mengirimkan mereka di saluran telepon. Modem telepon di sisi lain dari koneksi mengubah suara ini kembali ke sinyal komputer dapat mengerti, yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi.
  1. NETWORK INTERFACE CARD (NIC)
    Koneksi broadband menyediakan akses lebih cepat ke internet kemudian koneksi narrowband. Ada beberapa jenis koneksi broadband, termasuk ADSL, DSL, satelit, dan akses kabel. Masing-masing jenis akses melibatkan menghubungkan ke Akses Point baik menggunakan koneksi Ethernet kabel atau koneksi nirkabel.
    Sebuah kartu antarmuka jaringan (NIC) memungkinkan untuk menghubungkan kabel Ethernet dari Akses Point ke komputer. Komunikasi ke Akses Point melalui perjalanan Koneksi kabel ini. menggunakan NIC kabel mengharuskan penggunaan kabel Ethernet dihubungkan dari komputer ke access point setiap saat selama penggunaan internet.
  2. WIRED ACCESS POINT
    Wired Acces Point adalah Perangkat yang menggunakan kabel sebagai media transmisi untuk menghubungkan akses ke internet, contohnya Komputer yang menggunakan NIC dan kabel Ethernet agar bisa terkoneksi ke access point. Akses poin secara umum baik router, modem kabel, atau DSL modem yang menyediakan link antara Internet service provider dan fisik komputer.
    NIC-based connections adalah salah satu perangkat keras internet yang banyak digunakan dalam jaringan Komputer LAN (Jaringan area lokal), seperti grup komputer di Kantor-kantor perusahaan. hal Ini dapat pula digunakan di rumah, tetapi banyak pengguna lebih menukai menggunakan koneksi nirkabel karena tidak perlu ribet dengan keruwetan kabel.
  3. WIRELESS WIRED ACCESS
    Sebuah wireless access point adalah salah satu perangkat keras internet tanpa kabel yang memiliki fungsi untuk menghubungkan ke Akses Point tanpa menggunakan koneksi fisik. Akses nirkabel dapat dikonfigurasi di rumah a menggunakan router Wireless dan komputer dengan antarmuka nirkabel. Antarmuka nirkabel dapat diinstal dalam komputer atau dibeli secara terpisah mengunakan USB atau perangkat PCI yang setiap saat dapat dipasang saat dibutuhkan.

Banyak perusahaan, seperti hotel dan toko-toko, Warung kopi, menyiapkan perangkat keras Internet untuk ketersedian akses Internet gratis melalui perangkat nirkabel (wifi) yang di instalasikan pada bangunan untuk kebutuhan penggunaan Akses internt bagi pelanggan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar dengan baik