Selamat Datang di SMK Minhajut Thalibin (YAMIN) Sekolah Berkarakter Pondok Pesantren Pungangan Subang Bidang Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

Jumat, 21 Agustus 2015

CARA KERJA SERVER MELAYANI PERMINTAAN HTTP

Bagaimana cara kerja server melayani pemintaan halaman web? Mari kita simak ilustrasi berikut.
Pada saat ini, kemungkinan Anda sedang duduk di depan komputer atau sedang menggunakan smart phone, melihat halaman ini di browser. Jadi, ketika Anda mengklik link menuju halaman ini, atau mengetik URL -nya (uniform resource locator), apa sih yang sebenarnya terjadi di balik layar sehingga bisa memuncukan halaman yang sementara dibaca ini?
Dan jika pernah ingin tahu tentang proses dan mekanisme khusus yang memungkinkan Anda untuk berselancar di Internet, maka pada artikel ini, Anda akan tahu bagaimana cara kerja server web membawa halaman ke dalam layar monitormu.


Cara Kerja Server Web di Balik Layar


Dalam artikel-artikel sebelumnya mengenai pengertian server, fungsi server, dan jenis-jenis komputer server, sedikit telah disinggung mekanisme server melayani permintaan http atau halaman web , kali ini kita akan membahas bagaimana cara kerja server melayani jutaan pemintaan halaman web di seluruh dunia
Fungsi dasar server dalam bekerja adalah mendengarkan permintaan dari port jaringan masuk, hal ini merupakan kolaborasi yang interaksi yang baik antara server web dan Browser, ketika pengguna sambil berselancar web mengklik link, ada beberapa hal yang terjadi di balik layar? Server bekerja atas permintaan halaman Web yang ditransmisikan ke server Web yang sesuai, server menjemput dan merakit halaman Web dan mentransmisikannya kembali menggunakan protokol seperti http, dan, akhirnya membawa data dan diproses pada browser untuk menampilkan halaman di layar monitor.

Cara Kerja Dasar Server & Cara Respon Permintaan http
Sederhananya cara kerja server web bekerja adalah sebagai respon atas permintaan Browser dengan membentuk koneksi ke server Web, meminta halaman dan menerimanya. Jika Anda ingin tahu lebih dalam bagaimana cara kerja server web berikut rincian langkah-langkah dasar yang terjadi di balik layar hingga masuk kedalam layar monitor”
Browser membagi URL menjadi tiga bagian:

1.      Protokol (“http”)
2.      Nama domain (“jaringankomputer.org”)
3.      Nama file (“cara-kerja-server-melayani-permintaan-http”)
Browser berkomunikasi dengan “nama server” dan menerjemahkan nama domain “jaringankomputer.org” menjadi Alamat IP, yang digunakan untuk terhubung ke mesin server. Browser kemudian membentuk koneksi ke server pada alamat IP pada port 80. Setelah protokol HTTP, browser mengirimkan permintaan GET (Permintaan data dari sumber tertentu) ke server, dan meminta file “http://jaringankomputer.org/cara-kerja-server-melayani-permintaan-http.htm.”
Server kemudian mengirimkan teks HTML ke halaman web ke browser. (Cookie juga dapat dikirim dari server ke browser pada header halaman.) lalu Browser membaca tag HTML dan memformat halaman ke layar Anda.
Server melakukan sejumlah tugas penting dan merupakan suatu bagian penting dari infrastruktur jaringan komputer setiap organisasi. Banyak proses kompleks yang terjadi dalam server misalnya terkait proses kegiatan belanja online. Server bekerja mulai dari Dari otentikasi dan keamanan untuk penagihan, sampai melakukan proses pesanan pembelian secara online. Hal tidak bisa terjadi tanpa server canggih menanganinya.
Jika anda belum bereksplorasi jauh mengenai server dan cara kerja server, tentunya banyak kosakata baru anda dapatkan. Untuk memahami seluruh proses ini secara rinci,

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar dengan baik